Sabtu, Februari 14, 2009

ReBrand Winning Brands :

Merek Global Terbaik Versi Interbrand
Sejumlah merek rebranding berhasil memperoleh predikat sebagai merek terbaik versi Interbrand.
Bukti jika proyek rebranding mereka sukses?


Bagaimana eksistensi brand perusahaan Anda pada tahun 2008? Apakah brand yang Anda kelola menunjukkan peningkatan? Ataukah menunjukkan penurunan image? Apakah brand yang Anda kelola masuk dalam kategori global, regional atau nasional?

Tiap tahun interbrand memberikan penilaian terhadap seluruh merek di tingkat global. Juri dari Interbrand memberikan penilaian terhadap seluruh merek yang masuk sebagai kandidat. Selanjutnya, Interbrand memberikan penghargaan berdasarkan kategori best of awards, distinction, merit dan notable.

Merek yang masuk dalam best of awards berarti diakui dalam level tertinggi sebagai brand paling efekrif. Sedangkan kategori selanjutnya berada di bawah best of awards yaitu distinction, merit dan notable.

Rebrand yang sukses

Pada tahun 2008, Interbrand memberikan anugerah best of awards kepada lima merek utama. Mereka adalah Blake Dawson, Brown's Brewing Company, Heath Ceramics, Metro Los Angeles, dan World TV. Interbrand juga memberikan penghargaan distinction kepada Ambius, Bayern LB, Buehler Food Market Inc, Cisco Systems, Foley Hoag LLP, Grow, Laga, One2Play dan Tayco. Sedangkan sisanya masuk dalam kategori merit dan notable. Berikut penjelasan singkat mengenai beberapa merek yang sukses melakukan rebranding.

BLAKE DAWSON
Blake Dawson adalah firma hukum di Australia yang beroperasi secara internasional yang menangani berbagai masalah klien terutama di bidang hukum. Firma unggulan ini berbeda dengan sebagian besar firma hukum lainnya. Blake Dawson juga mengeluarkan berbagai publikasi dalam masalah hukum, pajak dan media. Selain itu, Blake Dawson juga memperkuat proses pemasaran melalui media massa. Mereka mengeluarkan strategi new branding yang diluncurkan pada November 2007, dimana mereka melakukan perubahan logo, visi dan rencana strategis. Hasilnya, Blake Dawson lebih diakui secara internasional sebagai firma hukum terbaik. http://www.blakedawson.com/

BROWN'S BREWING COMPANY
Brown's Brewing Company adalah perusahaan pembuat bir dan beberapa aksesoris pendukung. Brown's Brewing adalah salah satu perusahaan terbaik tingkat global di bidangnya. Sebagai pendiri, Garry Brown memutuskan melakukan new branding, yaitu mengubah strategi perusahaan mulai dari logo hingga distribusi. Dia menyadari untuk merebut hati konsumen, harus ada ciri khas khusus. Akhirnya Brown's Brewing melakukan new branding. Logo perusahaan berubah dengan lebih menekankan pada estetika, pesan, komunikasi, marketing dan desain. Dalam jalur distrisbusi, Brown's Brewing mulai melakukan distribusi produk di tingkat regional.
http://www.brownsbrewing.com/

HEATH CERAMICS
Heath Ceramics adalah perusahaan pembuat bahan keramik di tingkat global. Sebelumnya, perusahaan yang berada di California memiliki penjualan lesu. Mereka hampir tidak melakukan marketing. Pemilik perusahaan kemudian melakukan revitalisasi terhadap brand, strategi marketing dan desain. Heath Ceramics melakukan upaya marketing strategi untuk meyerap pasar, baik untuk mendapatkan existising customer dan new customer. Perusahaan membuat strategi marketing yang sebelumnya tidak pernah dilakukan publikasi di koran dan majalah. Rebranding dilakukan untuk meningkatkan hubungan emosional dengan customer, baik di tingkat lokal maupun nasional. Hasilnya perusahaan mencatat kenaikan 30 persen penjualan sejak tahun 2003. http://www.heathceramics.com/go/heath/

METRO
Metro (The Los Angeles Country Metropolitan Transportation Authority) adalah perusahaan transportasi terbesar ketiga. Metro melayani 200 rute termasuk bus, kereta dan subway. Jumlah penumpang yang dilayani sekitar 1,5 juta jiwa per hari. Metro melakukan rebranding karena mendapatkan citra negatif dari kecelakaan. Logo Metro didesain ulang dengan mengubah skala, bentuk huruf, penegasan, warna dan penampilan. Dan hasilnya adalah peningkatan kepuasan publik terhadap Metro. Tahun 2006 Metro dinobatkan sebagai perusahaan transportasi terbaik di Amerika. http://www.metro.net

WORLD TV
World TV yang diluncurkan tahun 1997 mentransmisikan tujuh siaran channel di AS melalui satelit. Sebagai anak perusahaan GlobeCast, sejak tahun 1006, Wolrd TV tumbuh menjadi 200 saluran TV meliputi Timur Tengah, Asia, Eropa dan Afrika. World TV menjadi penyedia siaran TV internasional terbesar di Amerika. Kunci kesuksesan Word TV adalah transfer siaran melalui satelit. World TV melakukan rebranding dengan lebih menekankan sisi emosional, yaitu "Your World, Your TV". World TV menekankan sisi emosional untuk menyentuh perbedaan budaya antara penonton di seluruh dunia.

Marketeers edisi 10 Okt - 10 Nov 2008

Tidak ada komentar: