Kamis, Desember 04, 2008

TAK KENAL MAKA TAK SAYANG

Saat ini handphone sepertinya telah menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Entah itu direktur dari suatu perusahaan multinasional, pedagang telor di pasar, tukang loper koran, tukang ojek, abang becak hingga anak kecilpun telah terbiasa dengan benda yang satu ini. Yang membedakannya hanyalah jenis handphone yang mereka gunakan.

Bandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Ketika itu handphone masih menjadi suatu benda yang sangat eksklusif. Hanya orang-orang tertentulah yang mampu memiliki handphone. Saat itu memiliki sebuah handphone sangat mengangkat prestise dari si pemakainya. Apalagi ukurannya sangat besar sehingga tidak perlu ditutup-tutupi pun orang lain akan melihat dengan penuh kagum :)

Seiring dengan perkembangan teknologi, handphone telah menjadi barang yang sangat umum. Mau yang dilengkapi dengan fitur apapun ada, mau yang ada kamera, radio, TV, connect ke internet, semuanya ada. Kemajuan teknologi benar-benar telah memanjakan manusia yang semakin hari semakin merasa bahwa 24 jam sehari itu sangat kurang untuk menjalankan berbagai aktivitasnya.

Berbicara mengenai aktivitas manusia yang sangat padat dan menuntut kecekatan serta mobilitas yang tinggi, memberikan suatu peluang baru bagi para marketer untuk meraih perhatian dari para calon customer mereka. Itulah sebabnya hari-hari ini kita sering menerima SMS yang berisi informasi mengenai kegiatan / event, diskon produk / jasa tertentu, dan berbagai informasi lainnya, atau bahkan hanya sekedar mengucapkan selamat hari raya.

Walaupun sekilas terlihat menganggu, namun beriklan dengan cara seperti ini merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk menarik perhatian si calon customer. Bayangkan saja, sesibuk-sibuknya kita ketika ada SMS masuk pasti kita akan membacanya bukan? Atau paling tidak ketika kita menganggap waktu kita cukup luang, kita pasti akan membaca SMS tersebut. Bukankah itu berarti dari sisi komunikasi kita telah meraih moment of truth dari si calon customer? Apalagi kalau ternyata informasi yang dikirimkan dianggap cukup menarik dan bermanfaat oleh si penerima. Bukannya tidak mungkin SMS tersebut akan disimpan atau bahkan di forward kembali oleh si penerima. Dari sisi si pengirim, tentunya peluang untuk terjadinya penjualan menjadi lebih terbuka :)

Peluang seperti inilah yang dulu sempat dimanfaatkan oleh orang-orang kreatif namun berotak kriminal dengan mengirimkan SMS yang berisi pemberitahuan hadiah dengan jumlah tertentu. Lihat saja, berapa orang telah terjebak dengan pola kejahatan seperti ini.

Sebagai marketer, tentunya kita harus mampu berpikir secara kreatif dalam memanfaatkan berbagai media yang ada untuk bisa menarik perhatian calon customer agar mau membeli produk atau memanfaatkan jasa kita. SMS mungkin bisa dijadikan salah satu pilihan bagi para marketer untuk menyampaikan pesan Anda kepada calon customer Anda. Ingat seperti pepatah bilang tak kenal maka tak sayang, demikian pula produk / jasa Anda. Sebagus apapun bila mereka tidak mengetahuinya, bagaimana mereka mau membelinya? Lalu bagaimana mereka bisa mengetahuinya bila tidak ada yang menyampaikan? Bagaimana ada yang bisa menyampaikan kalau mereka sibuk bergerak sepanjang hari. Jangankan menonton televisi, untuk membaca surat kabar saja mungkin baru bisa dilakukan pada malam hari. Kalau sudah begini, bukankah SMS Broadcast / SMS Marketing bisa dijadikan pilihan untuk mengkomunikasikan produk / jasa Anda?

Tidak ada komentar: