Rabu, Desember 10, 2008

MAKING YOUR CUSTOMER BE CLOSER BY SMS BROADCAST

Dari : AA
Dapatkan Diskon sebesar 20%
untuk setiap pembelian produk “A”
hanya dengan menunjukkan sms ini.
Info : 021-1234123


Kalimat-kalimat yang bernada seperti di atas mungkin pernah diterima dan dibaca oleh kita melalui handphone kita. Sebagian orang menyebutnya SMS Broadcast, namun ada juga yang menyebutnya SMS Marketing. Apapun namanya, istilah-istilah yang dulu tidak pernah ada ini sekarang bisa dikatakan telah menjadi salah satu bagian dari usaha marketer dalam memaksimalkan kegiatan branding dan pejualan mereka.

Begitu banyak hal yang bisa disampaikan melalui fitur yang dulunya hanyalah merupakan fasilitas tambahan dari sebuah telepon selular ini. Penawaran diskon, pemberitahuan tentang seminar / pameran / launching dan event-event lainnya, bahkan saat ini SMS Broadcast / SMS Marketing ini juga dimanfaatkan oleh para marketer dalam menciptakan Customer Relationship Management dengan para customer mereka, misalnya dengan mengirimkan ucapan selamat hari raya, selamat ulang tahun, pemberitahuan tentang pembayaran yang belum dilaksanakan dan informasi-informasi lainnya yang bersifat personal.

Lalu sebenarnya apa sih SMS Broadcast / SMS Marketing itu? Bagaimana sebenarnya cara kerja dari SMS Broadcast / SMS Marketing ini? Kemudian apa kelebihannya dibandingkan dengan pengiriman dengan cara manual atau medium lainnya?

Untuk menjawab masalah diatas mungkin bisa dimulai dengan menceritakan sekilas tentang asal mula munculnya SMS Broadcast / SMS Marketing ini.

Peningkatan penggunaan handphone di Indonesia yang cukup tajam (Menurut Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), pada 2007 jumlah pengguna handphone di Indonesia setidaknya mencapai 75,6 juta orang) telah menciptakan suatu fenomena baru di mana ternyata fasilitas pesan pendek (Short Message Service / SMS) yang pada mulanya hanya merupakan fitur tambahan pada suatu handphone telah berkembang menjadi fitur yang menyaingi fungsi utama dari handphone itu sendiri sebagai media yang memberikan layanan suara.

Biaya yang murah, cara pengiriman yang mudah dan pesan yang dapat langsung diterima dalam waktu yang relatif singkat telah memberikan inspirasi bagi para para marketer untuk mulai memanfaatkan fitur SMS ini untuk digunakan sebagai salah satu medium dalam berkomunikasi dengan para customer mereka.

Untuk menggunakan SMS Broadcast / SMS Marketing ini sangat mudah sekali, karena saat ini telah banyak bertebaran perusahaan-perusahaan yang menawarkan jasa tersebut. Biasanya para perusahaan tersebut menyediakan sebuah website yang di dalamnya terdapat aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh para customernya untuk mengirimkan SMS Broadcast / SMS Marketing. Melalui sebuah prosedur yang sangat sederhana, para pengguna dapat menyampaikan pesan mereka dan akan langsung diterima oleh para target market mereka. Pengiriman dengan cara ini memudahkan kita untuk menyampaikan informasi ke banyak nomor dengan dan atau menyebutkan nama mereka satu persatu tanpa perlu memenuhi phonebook handphone kita dengan ribuan data customer, cukup diambil dari file komputer kita.

Dengan memanfaatkan medium ini, bila ditilik dari segi waktu, cara ini sangat efektif karena pesan yang kita kirimkan akan langsung diterima oleh target market kita, karena pesan tersebut dikirimkan ke nomor pribadi mereka. Begitu pula dari sisi biaya, penggunaan medium ini bisa dikatakan lebih efisien karena setiap biaya yang kita keluarkan tidak terbuang percuma karena paling tidak pesan kita telah dibaca oleh para target market kita. Bandingkan bila memanfaatkan medium leaflet yang pada kenyataannya lebih banyak dibuang sebelum di baca.

Kelebihan lain yang tidak kalah pentingnya adalah tampilan nama brand kita yang muncul sebagai sender ID sehingga para penerima dapat mengetahui secara jelas siapa yang mengirimkan pesan tersebut kepada mereka. Karena sender ID yang muncul bukanlah berbentuk angka / nomor melainkan nama brand kita.

Nah, dengan berbagai kelebihan di atas. Sepertinya boleh dijadikan dasar pertimbangan bagi para marketer untuk mulai melirik medium ini guna menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan para customer. Selamat mencoba :)

2 komentar:

Unknown mengatakan...

sore, saya lihat link ibu, katanya bisa kirim ke Telkomsel. yang ke telkomsel itu nama perusahaannya tetap keluar atau bukan? karena akhir2 ini send ke Telkomsel bukan lagi keluar nama tapi keluar nomor biasa.tq

CIPTAMEDIA mengatakan...

@Ben
Thx kunjungannya Pak.
Pengiriman SMS ke T-sel tetap keluar nama (alpha sender) Pak bukan keluar long number 08128575xxx, hanya perlu waktu untuk pengurusan ke Telkomselnya saja. :)